Minggu, 08 Mei 2022

Halal Bi Halal 2022

 Halal Bi Halal Bersama 

Minggu 08 Mei 2022 pukul 8 Malam

3 Komunitas Ojek Online Delanggu Klaten Yakni ( Delanggu Free Rider - SFD Konco Ndalan - Sahabat Shopee Solo Raya Korwil Klaten ) Bersepakat Mengadakan Halal Bi Halal Bertempat di Resto Rm Ayam Taliwang Wonosari.

Agenda Tersebut kiranya digagas sebagai media silaturahmi sekaligus Halal Bi Halal Sesama Pejuang Keluarga dijalanan, apapun warna atributnya baik Gojek - Shopee - Grab dll tetap kita semua adalah kawan,



Saudara dijalan karenanya pada moment yang berbahagia tersebut pasca Idul Fitri kemarin kita kemudian menyatukan Pendapat dan menyelenggarakan kegiatan Halal Bi Halal ini.


Silaturahmi adalah media penyambung persaudaraan dan Halal Bi Halal adalah ajang buat kita saling maaf memafkan atas segala perbuatan baik disengaja maupun tidak sengaja, selama ini antar sesama rekan sejawat maupun masyarakat sekitar, karenanya pada kesempatan ini sedianya segala dosa dan khilaf tersebut kita lebur bersama, dan kembali mempererat jalinan persaudaraan yang telah terbina.






Hadir dan memberikan sambutan pada kesempatan tersebut koordinator maupun ketua dari komunitas yakni dari DFR : Sdr Winarno S.Sos , dari SFD Konco Ndalan : Sdr Ujianang Vetra dan dari Sahabat Shopee Solo Raya Korwil Klaten : Pitut Saputra Juga Kebetulan Hadir Ketua Umum Sahabat Shopee Solo Raya : Sdr Aris Mekel Aliando






Sesaat Kemudian selesai sambutan diberikan acara Kultum Siraman Rohani mengenai esensi silaturahmi dan halal bihalal oleh Bp Marwanto, dimana menyapaikan pentingnya maaf memaafkan baik meminta maaf maupun memaafkan segala kesalahan yang pernah terjadi, baik dengan sahabat, saudara handai taulan dan orang tua .


Kemudian setelah Kultum materi siraman rohani yang diberikan guna mengingatkan esensi dan pentingnya Silaturahmi yang akan membuka jalan rezeki kita semua maka acara berlanjut ke session berikutnya yakni hiburan,







Diiringi dengan dentuman  musik dan sing song bersama, acara berlangsung meriah, terlebih pada saat pengumuman doorprize juga game game seru yang diadakan, sebelum menginjak pada acara inti yakni Halal Bi Halal dan makan bersama.





Dipenghujung acara sembari bersalaman semua saling maaf memaafkan 

Begitulah acara berlangsung dengan meriah dan sukacita, dari tkp 

@pits_delanggufreeridernews mengabarkan.

Kamis, 25 November 2021

Belajar Membaca

 Belajar Membaca 

(Pembacaan Gejolak Shopee Food Solo Raya)



Keputusan Dari Management Pusat Shopee Food Jakarta terkait penurunan Insentif dan Kenaikan Target Capaian Bonus Insentif mengundang Polemik Pro & Kontra 

Di kalangan Akar Rumput ( Grass Root ) 

Kebijakan pemotongan Insentif tersebut resmi telah Berlaku per 26 November 2021 ini.

Sebelumnya Beberapa hari lalu Perwakilan Mitra Driver yakni Ketua Ketua atau Sesepuh Komunitas diundang buat Kopdar Offline Di kantor Shopee Solo Raya, Setidaknya ada 20 Perwakilan Delegasi Komunitas se Solo Raya yang hadir pada pertemuan tersebut, hanya beberapa yang kebetulan tidak bisa hadir. 

Undangan tersebut tentunya menjadi sesuatu yang sangat di nanti nanti oleh para delegasi mitra, setelah hampir setengah tahun Shopee Food Launching dan resmi mengaspal di Solo Raya.

Besar harapan dari rekan rekan ketua yang membawa aspirasi dan masukan buat managemen terkait kendala dan persoalan di lapangan bisa disampaikan dan diapresiasi dalam pertemuan tersebut. 

Namun Fakta berbicara lain, kehadiran kita diundang ke kantor tersebut ternyata hanya untuk sosialisasi program, dimana akan ada pemotongan insentif dan dialihkan ke benefit benefit lain buat driver, Antara Lain Ada 4 Persoalan pokok terkait program tersebut yakni : 

- Penyesuaian bonus /pemotongan Insentif dari ( 27.000 / 11 order) dan kenaikan target capaian ( 22.000 / 12 order) 

- Kenaikan nominal klaim asuransi Salvus untuk driver

- Penawaran Paket Data Ekonomis dari Provider Telkomsel Buat driver

- Penambahan Fitur Tarik saldo dari Dompet Driver ke Dompet Customer.


Hal ini tentunya sangat mendadak dan sepihak, karena kita tidak pernah di ajak bicara persoalan tersebut sebelumnya, Mungkin iya itu adalah program dari pusat, namun sayangnya kenapa tidak ada guliran wacana sebelumnya, seolah olah itu adalah program jadi yang harus segera diberlakukan pada mitra driver. 

Nah pertanyaannya, sejauh mana fungsi kita sebagai mitra driver ujung tombak dilapangan?.... 

( kenapa tidak ada diskusi minimal dengar pendapat dari mitra driver terkait kebijakan tersebut) 

Memang Shopee punya hak sebagai aplikator buat membuat kebijakan, namun setidaknya kita juga punya hak sebagai mitra untuk dimanusiakan sistem bukan di permainkan sistem. 

Sementara persoalan persoalan tekhnis dilapangan saja belum tuntas datang lagi kebijakan baru yang belum tentu diterima oleh semua driver, .... Ya kalau dia butuh atau belum punya asuransi, kalau sudah punya?.... Ya kalau dia memakai provider Telkomsel, sementara jaringan tersebut di beberapa daerah malah justru ambyar? 

Kemudian kenapa justru Penambahan Fitur Tarik Saldo dari driver ke customer, kenapa tidak dilancarkan saja dulu proses withdraw nya agar dana bisa segera dipakai buat operasional?... Itu justru lebih urgent dibanding penambahan fitur transisi saldo. 

Memang kesemuanya terkait dengan kapital dan kerjasama dengan beberapa pihak, namun begitu seandainya ada pembicaraan atau diskusi awal tentang wacana tersebut bukankah akan lebih Santuy, 

kebijakan ini diimbangi dengan benefit ini, kira kira mitra bagaimana?.... Kalau oke gasss klo ga digodok lagi, nah gitu kan enak kita sebagai anak dikasih option terbaik dari bapaknya oke klo memang itu terbaik, tapi kalau ini hanya karena keinginan orang tua bukankah terjadi ketidak adilan disana?....

Hal tersebutlah yang kemudian menjadikan jengah rekan rekan tetua yang diajak pertemuan saat itu, belum lagi waktu yang sangat terbatas hingga yang terjadi adalah bias, persoalan kebijakan kantor pusat di benturkan dengan persoalan  tekhnis lapangan, yang terjadi berikutnya adalah ketegangan dan suasana yang memanas, hingga buntut buntutnya karena merasa tidak puas beberapa rekan tetua pun sepakat guna mengadakan kopdar gabungan dan mengundang kembali pihak kantor. 


Kenapa?.... Karena kita merasa seolah seperti jadi saksi bisu penurunan insentif dan seolah olah mengAmini apa yang jadi kebijakan kantor tersebut, padahal yang terjadi adalah miss komunikasi dan kebijakan sepihak. 

Rekan rekan anggota bc taunya aspirasi mereka tersampaikan namun faktanya bukan penyampaian aspirasi melainkan sosialisasi program, Dari situlah kemudian persoalan berkembang hingga diadakan kopdar susulan yang merupakan gabungan dari delegasi bc bc atau komunitas Shopee solo raya serta mengundang pihak management Shopee Solo Raya, namun tidak bisa hadir.


Persoalan jadi makin mengkerucut karena ktidak hadiran tersebut dan akhirnya diambil langkah guna membuat petisi buat disampaikan langsung ke pusat karena dianggap management Solo Raya tidak bisa  menampung aspirasi Mitra Drivernya. 

Sampai disini Mitra Driver Juga melakukan kebijakan sepihak, karena saat itu hanya satu option tersebut yang dianggap memungkinkan buat mewakili aspirasi dan suara driver, yakni petisi langsung dan kirim ke pusat.

Sampai pada titik ini, persoalan terus berkembang, hingga rekan rekan luar daerah pun memberikan support pada gerakan kita.


Namun entah kenapa hari ini setelah petisi ditutup tiba tiba pihak management membuat janji dengan kita, dan akan menyambangi Bc Bc serta Komunitas Komunitas 

Beruntung Komunitas Konco Ndalan Delanggu dihubungi, dan benar saja tadi malam Beliau Beliau hadir ke Delanggu buat Silaturahmi dan Sharing serta membicarakan persoalan yang sedang terjadi, mestinya hal ini dilakukan sebelum sosialisasi program yakni menyambangi bc bc atau komunitas komunitas Shopee Solo Raya, terkait guna masukan dan aspirasi rekan rekan mengenai persoalan persoalan tekhnis yang terjadi dilapangan berikut menggulirkan wacana dan dengar pendapat kebijakan Shopee yang akan datang.



Baru setelahnya sharing, masukan dari bawah yang didapat diapresiasi, kemudian baru diAgendakan buat Sosialisasi. Meminimalisir persoalan yang lebih kompleks. Namun ya namanya nasi sudah jadi bubur apa hendak dikata, bukan bermaksud menggurui atau sok tau, ini hanya sebatas pembacaan dari driver cuilan karak, ya setidaknya dari apa yang telah terjadi moga bisa kita ambil hikmah positifnya dan sama sama mengevaluasi diri baik management maupun mitra driver, belajar dari pengalaman yang terjadi. 

Akhir kata ",Salut dan Respect " kita ucapkan buat seluruh Mitra Driver Shopee Food yang Militan dan Kritis, 

juga buat Management Shopee Food Solo Raya yang telah menyambangi dan menerima aspirasi dari Rekan Rekan Mitra Driver, Kita liat saja episode berikutnya, seiring jalannya waktu apakah akan ada perubahan atau justru kemunduran saya kembalikan buat rekan mitra dan management sendiri buat mengevaluasi.

Demikian kiranya ulasan dan pembacaan persoalan berikut kronologi permasalahan yang terjadi antara Mitra Driver Shopee Food dan management Shopee Solo Raya. 


Buat Rekan Semua Salam Satu Jiwa, 

Negri kita adalah Negri Demokrasi jangan takut Menyuarakan Aspirasi.




Pits@Humas Komunitas Driver Shopee Food KONCO NDALAN Delanggu mengabarkan. 


kami berangkat dari sebuah kesederhanaan karenanya kami kembalikan kesederhanaan tersebut pada semua yang ikhlas menerimanya 🙏

Rabu, 24 November 2021

Shopee Food Bergoyang

 Surakarta, 24 November 2021

Shopee Food Solo Raya Bergoyang

Menyikapi Kebijakan Penurunan Insentif Driver Shopee Food dan Penambahan Target Capaian guna bisa mendapatkan Insentif, maka segenap driver yang merupakan perwakilan dari Komunitas Komunitas dan Bc Bc Shopee Food SoloRaya mengadakan pertemuan sekaligus wedangan bareng , bertempat di Warung Nasi Goreng Gongso Harnowo atau Bc Sahabat Shopee Food SoloRaya Korwil Timur, Pertemuan tersebut digelar.

Dibuka oleh Ketua Sahabat Shopee Food Solo Raya saudara Aris / Michael dengar pendapat dan sharing terkait penurunan insentif dan kendala tekhnis dilapangan berlangsung seru, sayang perwakilan SDC ( Shopee Food Driver Centre ) SoloRaya / Management Shopee Food Soloraya yang sedianya turut diundang guna berdiskusi bersama tidak bisa datang, maka pada akhir diskusi disepakati untuk membuat sebuah petisi yang berisi Mosi Keberatan dengan kebijakan Shopee Food ,kemudian petisi tersebut di tanda tangani oleh segenap yang hadir berikut anggota Bc Bc atau Komunitas Shopee Food yang tersebar di Solo Raya.

Petisi ini rencananya akan di sampaikan pada kantor pusat Shopee Food di Jakarta guna follow up lebih lanjut, harapan kita aspirasi dan masukan Driver Shopee Soloraya tersebut bisa didengar dan ditinjau langsung oleh Team Pusat terkait kebijakan yang diberlakukan agar sedianya ada evaluasi dan diapresiasi.


Tak kurang 100 an Driver perwakilan Bc bc / komunitas yang hadir juga bersepakat apabila dalam 7 hari terhitung dari petisi di serahkan tidak ada tindak lanjut yang berarti maka seluruh komunitas akan menyampaikan aspirasi langsung ke kantor Shopee Food Solo guna meminta keadilan 

Karena kebijakan yang diterapkan dianggap sepihak tanpa melalui proses dialogis dengan mitra driver, pun penambahan target untuk mendapat insetif juga dinilai tidak memperhatikan kondisi real di lapangan, dimana beragam persoalan tekhnis belum juga selesai ditangani, sehingga makin menambah beban mitra driver untuk bisa mencapai target yang diberlakukan.


Dari lokasi pertemuan

 pits @Delanggufreeridernews mengabarkan .

Rabu, 17 November 2021

Kopdar Silaturahmi Konco Ndalan


Kopdar Konco Ndalan Shopee Food Driver Delanggu

( Frezz Drink Delanggu, Selasa 16 November 2021 ) 


Menyikapi berbagai persoalan yang belakangan kerap terjadi karena kroditnya Pelayanan baik Driver & Resto akibat membludaknya intensitas order promo  Shopee food akhir akhir ini.

Maka segenap rekan Driver beserta Owner dan Management Hara Chicken mengadakan Pertemuan Sharing dan Silaturahmi guna mencairkan persoalan diatas.

 

Pertemuan yang dihadiri oleh puluhan Driver Shopee Food baik Delegasi dari Delanggu maupun Klaten yang tergabung dalam komunitas Shopee Food Driver ( DSC Klaten - DFR Delanggu - DSD Delanggu & Konco Ndalan Delanggu ) Kopdar tersebut berlangsung Khidmat & Meriah. 




Dibuka Oleh Rekan Bowo Bastian dari DSD Delanggu yang bertindak selaku MC & Pembawa Acara, disusul kemudian Sambutan dan Pemaparan dari Koordinator DFR ( Delanggu Free Rider ) Pitut Saputra yang menyampaikan Pembacaan Mengenai Persoalan Hara Chicken & Driver Shopee Food yang belakangan terjadi, Kemudian menyusul Penjelasan Dari Owner Hara Chicken yang memberikan Penjelasan Terkait Kroditnya persoalan yang terjadi hingga menimbulkan ketidak nyamanan antara Karyawan Hara dan Driver.



Sesaat kemudian Session Curhat dan Sharing dibuka, beberapa delegasi driver menyampaikan saran aspirasi berikut keluhannya terkait persoalan pelayanan yang menimbulkan krodit tersebut, 




Lalu Bp Arofiq selaku Owner dan Perwakilan Manajemen Hara pun mengapresiasi dan menjelaskan duduk persoalan yang terjadi serta bersama sama kita berdiskusi coba memetakan dan mencari alternatif solusi guna win win solution dari persoalan yang menyebabkan krodit pelayanan.


Suasana penuh Kekeluargaan dan Toleransi antar sesama mitra ekosistem kuliner online ini pun terus berlanjut hingga tak terasa menjelang larut malam.

Di penghujung acara dibagikan Doorprize buat para peserta sharing sembari makan malam bersama, selanjutnya Bp Arofiq berkenan menyampaikan kenang kenangan buat rekan rekan Komunitas Konco Ndalan Delanggu yang diwakili oleh Bp Haryoko,

Tak ketinggalan diserahkan juga kenang kenangan tanda persahabatan antar komunitas Driver Shopee Delanggu dan klaten Juga Solo, Delegasi Klaten dari komunitas DSC Klaten Mas Sapto & Perwakilan dari Shopee Food Driver Solo Barat  Shopee Warrior yakni Pak Josafat, meskipun pada saat kopdar beliau berhalangan datang karena ada kepentingan mendesak yang lain, namun tetap support . 


Selanjutnya kegiatan diakhiri dengan ngobrol santai sambil silaturahmi dan foto bersama.

Kiranya dari kopdar pada malam itu telah dihasilkan win win solution beberapa persoalan yang terjadi. 

Yakni Disepakati masing pihak baik resto maupun driver menyanggupi guna evaluasi dan membenahi pelayanan guna kepentingan bersama. 

Dan selanjutnya akan diadakan pertemuan rutin per 3 bulan antara driver dan resto guna evaluasi, masukan dan pembenahan serta kemajuan bersama.



Bahkan tidak menutup kemungkinan bilamana ada kelimpahan rezeki baik karyawan hara maupun delegasi driver akan diagendakan buat piknik bersama, kiranya demikian yang bisa kita kabarkan dari hasil kopdar sharing & silaturahmi antara sesama mitra ekosistem kuliner online delanggu. 


Dari Aula Pertemuan Frezz Drink, Delanggu Free Rider News Mengabarkan 🙏

#semuaadalahkawanbukanlawan